-->

Kegiatan Sholat Dhuha SMP Negeri 1 Garut

Kegiatan Sholat Dhuha SMP Negeri 1 Garut
Kegiatan Sholat Dhuha SMP Negeri 1 Garut

Kegiatan Sholat Dhuha di SMP Negeri 1 Garut ini, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap 3x dalam seminggu yaitu hari Rabu, Kamis dan Jumat, yang biasa dilaksanakan sekitar pukul 07.00 WIB serta dilanjutkan dengan siraman rohani sampai dengan pukul 07.30 WIB.

Umat islam memiliki kewajiban melaksanakan sholat fardu yaitu subuh,zuhur,ashar,magrib dan isya,di samping itu ada kalanya mengerjakan sholat sunnah,seperti sholat sunnah dhuha. Sholat yang dilaksanakan pada saat matahari sepenggalahan ini memiliki beberapa manfaat yang cukup baik. Satu di antaranya adalah untuk membukakan pintu rezeki. Selain itu, bagi sebagian orang meyakini sholat dhuha dapat membantu dalam mendapatkan kesuksesan. Namun pada dasarnya kesuksesan juga tidak bisa didapatkan hanya dengan berdoa tanpa ada usaha. Oleh karena itu agar lebih seimbang dan juga menjadi berkah, semuanya harus dilakukan yaitu dengan berusaha dan ditunjang dengan berdoa, salah satunya dengan menjalankan sholat dhuha.

Atas dasar itulah salah satu sekolah yang berada di Jalan Jendral Ahmad Yani ini menerapkan sholat dhuha setiap pukul 07.00 WIB. Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Garut itu menerapkan sholat dhuha sebagai salah satu peraturan di sekolah yang dipimpinnya dengan tujuan untuk membudayakan sholat sunat di kalangan peserta didik

Ditinjau dari artinya, Dhuha adalah salat yang dilakukan pada saat pagi hari yaitu sekitar pukul 07.00 sampai dengan menjelang dhuhur, jam tersebut merupakan waktu yang sangat baik untuk berolahraga. Oleh karena itu melakukan salat dhuha sama saja dengan berolahraga karena nantinya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang serta otot karena setiap persendian bergerak, mulai dari tangan, siku sampai dengan lutut dan kaki. Manfaat gerakan shalat memang dapat memberikan efek olahraga tanpa di sadari.


Berdasarkan riset yang dilakukan para penliti, sholat dhuha juga dapat meningkatkan kesehatan, kecerdasan dan kecantikan.Manfaat sholat dhuha dari segi kecantikan karena air wudhu dapat menjaga kebersihan dan kesegaran kulit wajah. Pada saat berwudhu tentu saja kulit akan kencang sehingga tidak mudah kendur dan memberikan manfaat agar awet muda.

Untuk mengetahui tentang Kegiatan Sholat Dhuha SMP Negeri 1 Garut lihat disini
LihatTutupKomentar